README

Administrasi Kerjasama

Untuk mempermudah kami dalam mengetahui maksud dan tujuan kerjasama yang diajukan serta memastikan bahwa kerjasama yang akan dilakukan dapat berjalan dengan baik, maka kami meminta pemohon kerjasama untuk menyusun dokumen administrasi kerjasama yang akan diajukan kepada kami. Dengan demikian, kami dapat mengetahui lebih jelas mengenai kerjasama yang akan dilakukan dan dapat memastikan bahwa kerjasama yang akan dilakukan dapat berjalan dengan baik. Dalam hal administrasi, kami meminta pemohon kerjasama untuk menyusun beberapa dokumen penting yang meliputi profil lembaga, dokumen teknis kerjasama, anggaran biaya hingga dokumen legal kerjasama. Dokumen berikut ini perlu disiapkan oleh pemohon kerjasama:

Surat Permohonan Kerjasama

Surat sederhana yang ditujukan kepada Direktur Organisasi serta tembusan (CC) kepada Direktur Inovasi, Komunikasi dan Kerjasama serta Kepala Subdit Komunikasi dan Kerjasama. Surat ini wajib memiliki stempel lembaga dan pengirim tidak diharuskan dilakukan oleh Ketua/Pimpinan Lembaga. Substansi surat terdiri atas maksud, tujuan dan bentuk kerjasama yang akan diajukan. Surat permohonan kerjasama dapat dikirimkan dalam bentuk PDF.

Proposal Permohonan Kerjasama

Dokumen yang berisi latar belakang kerjasama, maksud dan tujuan kerjasama, bentuk kerjasama, manfaat kerjasama, rencana strategis kerjasama, rencana anggaran kerjasama, dan rencana implementasi kerjasama. Dibuat dalam bentuk yang ringkas dan jelas. Proposal kerjasama dapat dikirimkan dalam bentuk PDF.

Profil Pemohon (Company/Organization Profile)

Dokumen yang berisi secara mendetail tentang lembaga yang mengajukan kerjasama, meliputi latar belakang lembaga, visi dan misi, struktur organisasi, anggota pengurus, daftar program, keanggotaan, serta audit keuangan (jika ada). Profil lembaga dapat dikirimkan dalam bentuk PDF.

Profil Penanggung Jawab Kerjasama (Personal Profile)

Dokumen yang berisi secara mendetail tentang profil penanggung jawab kerjasama, meliputi nama lengkap, jabatan, alamat, nomor telepon, dan email. Profil penanggung jawab kerjasama dapat dikirimkan dalam bentuk PDF.

Rencana Strategis Kerjasama (Strategic Plan)

Dokumen yang berisi tentang rencana strategis kerjasama, meliputi proyeksi jangka panjang, tolok ukur kinerja kerjasama, tolok ukur keberhasilan kerjasama, dan rencana implementasi kerjasama. Rencana strategis kerjasama dapat dikirimkan dalam bentuk PDF.

Rencana Anggaran Kerjasama (Budget Plan)

Dokumen yang berisi tentang rencana anggaran kerjasama, meliputi rencana anggaran biaya, proporsi pendanaan kerjasama, dan implementasi rancangan bisnis. Rencana anggaran kerjasama dapat dikirimkan dalam bentuk PDF. Terdapat template yang dapat dijadikan acuan dalam pengembangan RAB.

Surat Pernyataan Kesanggupan (Letter of Commitment)

Surat yang menyatakan bahwa pemohon kerjasama bersedia untuk melaksanakan proses pengrusan dan pelaksaaan kerjasama sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati. Surat pernyataan kesanggupan dapat dikirimkan dalam bentuk PDF. Surat ini akan disediakan oleh pihak Teknologi Pendidikan ID.

Nota Kesepahaman (MoU)

Surat yang menyatakan bentuk, lingkup, batas waktu dan penyelesain masalah terhadap kerjasama yang akan dilakukan. Nota kesepahaman dapat dikirimkan dalam bentuk PDF. Surat ini akan disediakan oleh pihak Teknologi Pendidikan ID.

Perjanjian Kerjasama (MoA)

Surat yang menyatakan mekanisme pelaksanaan secara teknis dan administratif kerjasama yang akan dilakukan. Perjanjian kerjasama dapat dikirimkan dalam bentuk PDF. Surat ini akan disediakan oleh pihak Teknologi Pendidikan ID.

Non-Disclosure Agreement (NDA)

Surat yang menyatakan bahwa pemohon kerjasama bersedia untuk menjaga kerahasiaan informasi yang diberikan oleh Teknologi Pendidikan ID. Non-Disclosure Agreement dapat dikirimkan dalam bentuk PDF. Surat ini akan disediakan oleh pihak Teknologi Pendidikan ID.

Template Dokumen Administrasi Kerjasama

Dokumen Gambaran Umum
Rencana Anggaran Rencana Anggaran Biaya